Hari Ke-19 RASA CINTA YANG HIDUP Deepak Chopra 21 Days of Abundance Meditation Challenge

Tugas Hari Ke-19! Saya percaya kepada anda! Kita sudah mendekati akhir dari kegiatan ini! 

Bacalah kisah perumpamaan berikut ini dan tuliskan apa maknanya bagi Anda.

Kisah perumpamaan: “Ini juga akan berlalu.”

Ada seorang raja dan dia pernah berkata kepada orang bijak (penasihat istana) -- Saya memiliki sebuh cincin bertahtakan berlian terbaik di dunia, dan saya ingin menyembunyikan pesan di bawah batu, yang bermanfaat apabila saya kelak berada dalam situasi keputusasaan yang ekstrem.  

Saya akan memberikan cincin ini kepada ahli waris saya dan saya ingin cincin itu melayani dengan setia. Pikirkanlah pesan seperti apa yang seharusnya tertulis di sana. Pesan itu harus sangat pendek sesuai ukuran cincin.

Tentu saja orang bijak istana itu tahu cara menulis kata-kata bijak tetapi ia tidak menemukan kalimat bijaksana yang tepat dan singkat.  Ia berpikir dan berpikir, namun tidak menghasilkan apapun.

Raja mengeluh atas kegagalan orang bijak ini kepada pelayan tua di istana yang setia mengasuhnya sejak masih bayi dan telah bagian dari keluarga. 

Lalu pelayan tua itu berkata kepadanya: "Aku bukan orang bijak, aku tidak berpendidikan, tapi aku tahu pesan-pesan seperti itu. Selama bertahun-tahun aku habiskan waktuku di istana, dan bertemu banyak orang. Dan suatu hari, saya melayani seorang tamu penyuka hal mistis yang diundang ayahmu. Dan dia memberi saya pesan ini. Saya meminta Anda jangan membacanya sekarang. Simpan di bawah batu dan bukalah jika tidak engkau merasa tidak ada jalan keluar sama sekali.” 

Raja mendengarkan pelayan tua itu. Selang beberapa waktu, musuh menyerang negaranya dan raja kalah perang. Dia melarikan diri dengan kudanya dan musuh mengejarnya.  

Dia sendirian dan dan musuh yang mengejar sangat banyak. Dia melaju ke ujung jalan. Ada jurang yang dalam di depannya, jika dia jatuh maka itu adalah akhir hidupnya.  

Dia tidak bisa kembali tatkala musuh semakin mendekat. Dia sudah mendengar derap kuku kuda musuh.  

Dia tidak punya jalan keluar.  Dia benar-benar putus asa. Dan kemudian dia ingat cincin itu.

Dia membukanya dan di bawah batu menemukan sebuah ukiran yang tertulis: "Ini juga akan berlalu"

Setelah membaca pesan itu, dia merasakan keheningan. Rupanya para musuh yang mengejar tersesat dan menuju ke arah yang salah. Kuda tidak lagi terdengar.

Raja dipenuhi dengan rasa terima kasih kepada pelayannya dan sosok mistis yang tidak dikenal itu. Kata-kata itu sangat kuat. Dia menyimpan kembali cincin itu. Dan meneruskan perjalanan. Sekali lagi dia kumpulkan pasukannya dan mengembalikan keutuhan negaranya.

Pada hari ketika dia kembali ke istana, mereka mengadakan pertemuan yang luar biasa, pesta rasa syukur untuk seluruh dunia -- dan rakyat mencintai raja mereka. Raja senang dan bangga.

Sang pelayan tua yang bijak mendatanginya dan berkata dengan lembut, “Meskipun dalam kondisi seperti ini, lihatlah kembali pesan itu."

Raja berkata, "Sekarang aku adalah seorang pemenang, rakyat merayakan kepulanganku, aku tidak dalam keadaan berputus asa, tidak dalam situasi terpuruk tanpa harapan."

"Dengarkan petuah hamba tua bijak itu," jawab pelayan tua. "Pesan itu bekerja tidak hanya di saat ketika segalanya memburuk, tetapi juga di saat-saat penuh kemenangan."

Raja membuka cincin itu dan membaca: "Ini juga akan berlalu."

Dan sekali lagi dia merasakan keheningan, meski ia berada di tengah kerumunan orang yang berpesta.  Dirinya lenyap.  Dia mengerti pesan itu.  Sekarang, dia telah menjadi bijak.

Dan kemudian lelaki tua itu berkata, “Apakah kamu ingat semua yang terjadi padamu?  Tidak ada dan tidak satupun perasaan yang menetap. Bagaikan malam berganti siang, tiap sukacita dan keputusasaan pun saling berganti. Terimalah mereka sebagai sifat dari segala sesuatu, sebagai bagian dari kehidupan.”

***

Teman-teman, hari ini, setelah menyelesaikan tugas hari ini, seperti biasa, beri komentar “Day 19 Done”.

  • Perhatikanlah juga kejadian-kejadian dalam hidup Anda (baik dan tidak baik) sambil mempertimbangkan kata-kata bijaksana: "Ini juga akan berlalu."
  • TULISKAN DALAM GRUP (atau kolom Komentar) tentang pemikiran dan perasaan Anda terhadap ungkapan “INI JUGA AKAN BERLALU”.

FRASA MEDITASI

"Hari ini, Aku ingat untuk mencintai segala sesuatu dan semua orang yang terhubung denganku"

MANTRA MEDITASI

Sat-Chit-Ananda

Sat-Chit-Ananda

Semoga harimu melimpah!  ☀🍀 

VIDEO MEDITASI



Comments

Meditasi Yang Disukai

Day 2 Manifesting True Success Deepak Chopra and Oprah Winfrey

Day 6 Manifesting True Success Deepak Chopra and Oprah Winfrey

TRANSCRIPT: Day 2 Perfect Health Deepak Chopra and Oprah Winfrey

TRANSCRIPT: Day 7 Perfect Health Deepak Chopra and Oprah Winfrey

Hari Ke-1 Realitas Keberlimpahan DEEPAK CHOPRA 21 Days of Abundance Meditation Challenge

Hari Ke-9 HUKUM SALING MEMBERI Deepak Chopra 21 Days of Abundance Meditation Challenge

Hari Ke-14 HUKUM DHARMA Deepak Chopra 21 Days of Abundance Meditation Challenge